Search Bar

BENTUK-BENTUK PASAR

 

BENTUK-BENTUK PASAR


Pasar barang

Apabila dilihat dari segi permintaan dan penawaran, bentuk

pasar dapat dibedakan menjadi beberapa macam.

1. Dari segi permintaan, pasar dibedakan sebagai berikut:

a. pasar persaingan sempurna,

b. pasar monopsonistik,

c. pasar oligopsoni, dan

d. pasar monopsoni.

2. Dari segi penawaran, bentuk pasar dibedakan sebagai berikut:

a. pasar persaingan sempurna,

b. pasar monopolistik,

c. pasar oligopoli, dan

d. pasar monopoli.

Berikut ini penjelasan mengenai masing-masing bentuk pasar.

1. Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna merupakan struktur pasar yang paling ideal,

karena akan menjamin terwujudnya kegiatan memproduksi barang atau jasa

yang tinggi (optimal). Hal ini dikarenakan di pasar persaingan sempurna terdapat

banyak penjual dan pembeli, dan setiap penjual maupun pembeli tidak dapat

memengaruhi keadaan di pasar, karena penjual dan pembeli masing-masing

hanya merupakan bagian kecil dari pasar secara keseluruhan. Kita lihat saja di

pasar tradisional, yang terdapat berbagai jenis barang seperti wortel, kentang,

cabai, bawang, dan lain-lain.

a. Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna

1) Terdapat Banyak Penjual dan Pembeli

Seorang penjual tidak dapat memengaruhi harga pasar. Satu-satunya

unsur yang dikuasainya hanyalah kuantitas barang yang ditawarkan. Apabila

penjual menawarkan barang, maka kuantitas yang ditawarkan relatif sangat

kecil terhadap keseluruhan kuantitas pasar. Dengan demikian perubahan

yang dilakukannya tidak membawa pengaruh apa-apa bagi harga di pasar.

Demikian pula dengan pembeli. Kuantitas barang yang dibelinya merupakan

kuantitas yang sangat sedikit sekali apabila dibandingkan dengan kuantitas

pembelian seluruhnya di pasar. Jadi, jika pembeli mengurangi pembeliannya

dengan maksud agar harga di pasar turun, maka tindakan tersebut tidak akan

memengaruhi kondisi pasar, karena masih banyak calon pembeli lain yang

menggantikannya. Oleh sebab itu, pembeli dan penjual dikatakan sebagai

price taker (pengambil harga).

2) Barang yang Diperjualbelikan

Homogen (Sama/Serupa) Barang yang dihasilkan di pasar persaingan

sempurna ini bersifat homogen, artinya

barang yang diproduksi oleh seorang produsen

merupakan barang substitusi sempurna dari

barang yang sama yang diproduksi oleh produsen

lain. Oleh karena itu, konsumen bersikap

indifferen terhadap kelompok penjual, karena

bagi konsumen semua penjual adalah sama

saja, sebab barang yang dibutuhkan praktis

tidak ada bedanya. Contohnya, gula atau

minyak tanah.

3) Pembeli dan Penjual Mempunyai Pengetahuan Sempurna

Mengenai Pasar

Pembeli dan penjual harus mempunyai pengetahuan yang sempurna

mengenai keadaan di pasar. Artinya, mereka perlu mengetahui tingkat harga

yang berlaku dan perubahan-perubahan atas harga tersebut. Dengan

demikian baik pembeli maupun penjual akan sulit mempermainkan harga.

4) Adanya Kebebasan Keluar Masuk Pasar

Baik konsumen maupun produsen bebas menentukan kapan ia membuka

dan menutup usaha atau bebas kapan mau membeli atau tidak membeli produk.

b. Kebaikan Pasar Persaingan Sempurna

Berikut ini beberapa kelebihan pasar persaingan sempurna.

1) Pembeli Bebas Memilih Produk karena

Barang Banyak

Karena terdapat banyak produsen yang menghasilkan

barang banyak, pembeli bebas memilih produk.

2) Tidak Ada Hambatan dalam Mobilitas Sumber-

Sumber Ekonomi dari Satu Usaha ke Usaha

Lain atau dari Lokasi Satu ke Lokasi yang lain

Karena tidak ada hambatan dalam mobilitas

sumber-sumber ekonomi, maka perusahaan-perusahaan

akan menambah skala produksinya dan merangsang

adanya perluasan kapasitas produksi maupun pendirian

pabrik-pabrik baru.

3) Dapat Memaksimumkan Efisiensi

Seluruh sumber-sumber daya yang tersedia sepenuhnya digunakan dan

corak penggunaannya adalah sedemikian rupa sehingga tidak terdapat corak

penggunaan yang lain yang dapat menambah kemakmuran masyarakat.

4) Kebebasan Bertindak dan Memilih

Di dalam pasar persaingan sempurna tidak seorang pun mempunyai

kekuasaan dalam menentukan harga, jumlah produksi, dan jenis-jenis barang

yang diproduksikan. Adanya kebebasan untuk memproduksi berbagai jenis

barang maka masyarakat mempunyai pilihan yang lebih banyak terhadap

barang-barang dan jasa-jasa yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhannya.

c. Keburukan Pasar Persaingan Sempurna

Selain mempunyai beberapa kelebihan, pasar persaingan sempurna

mempunyai beberapa kelemahan. Berikut ini beberapa kelemahannya.

1) Tidak Mendorong Inovasi

Di dalam pasar persaingan sempurna teknologi dapat dicontoh dengan

mudah oleh perusahaan lain. Akibatnya, suatu perusahaan tidak dapat

memperoleh keuntungan yang maksimal dari pengembangan teknologi dan

teknik memproduksi yang baru tersebut. Meskipun pada mulanya perusahaan

tersebut dapat menaikkan efisiensi dan menurunkan biaya-biaya. Keadaan

ini menyebabkan perusahaan-perusahaan tidak terdorong untuk melakukan

perkembangan teknologi dan inovasi.

2) Membatasi Pilihan Konsumen

Karena barang yang dihasilkan perusahaan-perusahaan adalah seratus

persen sama, membuat konsumen mempunyai pilihan yang terbatas untuk

menentukan barang yang akan dikonsumsinya.

Posting Komentar

0 Komentar